Menghilangkan Noda Hitam Bekas Koreng

Saya Mahfudh, 27 Tahun. Saya selalu merasa gatal di kedua kaki dan sebagian tubuh. Jika sudah merasa gatal, rasanya enak sekali di garuk sampai kulit terluka. Kadang-kadang luka bekas garukan yang belum mengering sudah tergaruk lagi, sehingga bekas-bekas luka tidak bisa hilang dan memenuhi kaki. Yang ingin saya tanyakan, apa yang menyebabkan rasa gatal tersebut dan salep/obat apa yang harus saya konsumsi? Apakah salep demoval bisa saya gunakan (resep dokter)? Saya mohon jawabanya karena istri saya ingin kaki saya bisa lebih bersih.

Terima kasih.

-Mahfudh-

Jawaban:

Yth Bapak Mahfudh,

Selain rasa gatal yang anda alami, apakah ada gejala atau tanda lain yang bisa dikenali? Seperti bercak keputihan atau kemerahan, sudah berapa lama hal ini terjadi dan kondisi dari Bapak Mahfudh apakah tergolong gemuk atau proporsional? Selain itu bagaimana dengan kebersihan pribadinya?

Obat-obatan hanya efektif jika penyebab penyakitnya sudah bisa diketahui, jadi bukan untuk diujicoba ke tubuh sendiri karena efek samping yang dimiliki oleh masing-masing obat.
Â
Periksakan juga kadar gula darah anda untuk mengetahui apakah ada tidaknya gangguan diabetes, terlebih jika ada riwayat keluarga yang menderita kencing manis.
Â
Obat yang bapak sebutkan tergolong obat untuk mengatasi gangguan akibat jamur. Jadi sekali lagi perlu diketahui dengan pasti apakah memang penyebab yang bapak keluhkan adalah jamur atau yang lainnya.
Â
Jangan lupa untuk sering mengganti kaus kaki dan gunakan yang berbahan katun agar menyerap keringat. Jika bisa, copot sepatu anda untuk memberikan “napas” bagi kaki sehingga menjadi lebih segar.
Â
Demikian jawaban dari kami, semoga bermanfaat.
Terima kasih.

dr. Arief R.

Iklan
  • Posted in: Tak Berkategori

2 Komentar

  1. shity

    pak saya jg kaya gitu tapi sya minta obat apaan?

    • coba konsultasikan dengan dokter kulit terdekat dengan tempat tinggal mu yah….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: